Senin, 11 April 2011

Desa Siaga

Apa itu Desa/Kampung Siaga ?

Kampung Siaga adalah kampung yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan,bencana dan kegawat-daruratan kesehatan secara mandiri.


Sebuah Kampung dikatakan Kampung Siaga apabila kampung tersebut telah memiliki sekurang-kurangnya sebuah Pos Kesehatan Kampung ( Poskeskam ).

Pengertian Pos Kesehatan Kampung (Poskeskam)
Poskeskam merupakan Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat (UKBM) yang dibentuk di kampung dalam rangka mendekatkan/menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat kampung.

Poskeskam dapat dikatakan sebagai sarana kesehatan yang merupakan pertemuan antara upaya-upaya masyarakat,dukungan pemerintah dan swasta.

Pelayanannya meliputi upaya-upaya promotif,preventif dan kuratif yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan (terutama Bidan) dengan melibatkan kader atau tenaga sukarela lainnya.

Poskeskam diharapkan dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat kampung, sekurang-kurangnya :
1.Pengamatan epidemiologis sederhana terhadap penyakit terutama penyakit menular dan penyakit yang  berpotensi menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB) dan faktor-faktor resikonya (termasuk status gizi) serta kesehatan ibu hamil yang berisiko.
2.Penanggulangan penyakit terutama penyakit menular dan penyakit yang berpotensi menimbulkan KLB serta faktor-faktor resikonya (termasuk kurang gizi).
3.Kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana dan kegawatan-daruratan kesehatan.
4.Pelayanan medis dasar sesuai dengan kompetensinya.

Kegiatan-kegiatan lain yaitu Promosi Kesehatan untuk peningkatan keluarga sadar gizi,peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),penyehatan lingkungan dan lain-lain merupakan kegiatan pengembangan.

Poskeskam juga diharapkan sebagai pusat pengembangan atau revitalisasi berbagai UKBM lain yang dibutuhkan masyarakat kampung (misalnya Posyandu,Warung Obat Desa,Pokja Kesling,Kelompok Pemakai Air,Arisan Jamban Keluarga dan lain-lain).

Dengan demikian,Poskeskam sekaligus berperan sebagai koordinator dari UKBM-UKBM tersebut.

Sumber : Subdin Promkes DinKes Kab.Berau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Penilaian Anda Tentang Blog Ini ?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...